Rabu, 30 Mei 2012

Rancangan Media Pembelajaran




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemauan pemerintah membenahi sektor pendidikan dewasa ini memperlihatkan kecenderungan yang meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan adanya berbagai terobosan untuk mencari perubahan yang positif dalam pembangunan sistem pendidikan di Indonesia. Upaya yang dilakukan pemerintah ini, tidak lain ditujukan untuk dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia, sehingga tercipta sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing, dan pada akhirnya dapat meningkatkan martabat bangsa di mata dunia.
Keinginan pemerintah seperti tersebut di atas sesuai dengan tujuan pendidikan yang termuat dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional RI nomor 20 tahun 2003 bab II pasal 3 yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan Indonesia, adalah:
“Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar mnjadi manusia yang beriman  dan bertaqwa terhadap Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Rabu, 09 Mei 2012

APLIKASI TEORI BELAJAR EDWARD LEE THORNDIKE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD


  1. Teori Belajar  Edward Lee Thorndike
 Thorndike berprofesi sebagai seorang pendidik dan psikolog yang berkebangsaan Amerika. Lulus S1 dari Universitas Wesleyen tahun 1895, S2 dari Harvard tahun 1896 dan meraih gelar doktor di Columbia tahun 1898. Buku-buku yang ditulisnya antara lain Educational Psychology (1903), Mental and social Measurements (1904), Animal Intelligence (1911), Ateacher’s Word Book (1921),Your City (1939), dan Human Nature and The Social Order (1940). Teori belajar behavioristik menjelaskan belajar itu adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur dan dinilai secara konkret. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulans) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respon) berdasarkan hukum-hukum mekanistik.

Singapore One Day Tour

Singapur yang bersih dan teratur 2011



Rabu, 02 Mei 2012

Macam-macam Teori Belajar



Macam-macam Teori Belajar
 
Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme,  teori belajar kognitivisme, dan  teori belajar konstruktivisme.  Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.